Sabtu, 13 September 2014

Kasih Tak Sampai: Dhuri dan Ajay, Dua Hati Sulit Bersatu

PERHATIAN: Kisah ini adalah kisah nyata yang difiksikan. Jika ada kesamaan nama, tempat dan pengalaman…. Ya udah terima aje, namanya juga kisah nyata! Demi melindungi oknum-oknum yang terlibat dalam kisah ini sengaja semua nama dan penampakan gue samarkan.

Malem itu gue baru aja sampe kos. Jam tangan gue menujukkan angka 8. Akhir-akhir ini gue emang sering banget pulang malem. Lu pasti kira gue kerja keras. Bukan. Gue nongkrong dulu di warung Indomie di ujung gang kosan.

Jam 7 sampe Jam 8 adalah waktu dimana bidadari-bidadari Gang Komando lalu lalang nyari makan malam. Emang tipis kemungkinan mereka sudi melemparkan pandang, tapi gapapa, gue orangnya positive thinking. Masa dari 20 gadis yang melenggang ga ada satu juga yang rela membalas senyuman gue. Biar malam semakin kelam, gue ga bakal patah arang!

Nah, malem itu, begitu tas gue taro di atas kasur, ponsel gue bergetar. Pas gue cek, ada pesan whatsapp dari sohib gue si Madhuri Dixit. Demi kemudahan kita panggil aja wanita ini si Dhuri. Emang kelakuannye mirip Dhuri dalam daging kalo lagi kambuh sakit ayan wal sawan-nya akibat kekurangan belaian.

Dhuri: Mabs, gue lagi di sauna.

Gue: Lha terusssssss???????

Dhuri: Lagi nangis.

Dari sekian banyak tempat buat menumpahkan kesedihan, si Dhuri adalah orang pertama dari kalangan pertemanan gue yang nangis di sauna. Kebayangkan lau gimana rusaknya kelakuan ini bocah? Tapi karena ini orang sohib gue, gue terenyuh juga denger doi lagi nangis.

Gue: Kenapa lagi lau, Mabs? Undangan palsu lagi?

Dhuri: Lebih parah, Mabs. Dalam waktu dekat, gue terancam terima undangan beneran.

Gue: Anjrit! Ini masih soal si Ajay Devgan?

KONTEKS: Ajay adalah Cinta Lama Bersemi Kembali si Dhuri yang diem-diem doi taksir lagi. Mereka temenan sampai sekarang meniti karir di Jakarta. Si Ajay ini kebetulan cukup sukses. Doi kerja di salah satu perusahaan multinasional terkemuka. Tampang sih masih jauh lah ama gue, tapi kalo lagi nunggu angkot di halte Semanggi bisalah sedikit menarik perhatian.

Karena rasa simpati gue ama si Dhuri, gue telpon lah dia.

“Mabs, sehat lau?” tanya gue.

“Lhu..ma..yha..aan, Ma..abs!” jawabnye sembari agak-agak sesenggukan. Ada dua hal yang gue paling ga tahan di dunia ini: cewek nangis sama emak gue ngomel.

“Emang kenape lagi si Ajay?”

“Doi mau kawin, Mabs. Udah perkenalan antar keluarga dua hari yang lalu.”

Aih, nyesek gue dengernya.

“Trus lau ngapain nangis-nangis di sauna?”

“Mayan, Mabs. Biar nyampur keringet, ingus ama aer mata.”

Emang konslet otaknye ni bocah satu.

“GUE PENGEN TEREAK, MABS!” kata si Dhuri tiba-tiba.

Paham kan lau kenapa gue bilang konslet otaknye ni anak. Lu bayangin aje, di sauna, nangis-nangis sesenggukan, trus tiba-tiba tereak. Kira-kira gimane reaksi orang yang duduk di samping sama depan dia? Gue males aje dua jam lagi gue harus jemput doi di RSJ Grogol.

“Tahan, Mabs! Jangan sembarangan lau! Pilih-pilih tempat lah kalo mau tereak!”

Akhirnya, setelah gue rayu-rayu, si Dhuri pulang juga ke rumahnye.

Besoknya, buat menghibur hati yang lara, gue ajak doi nonton bioskop, sama sohib kita satu lagi namanye Anjali. Kenapa namanya pada ke-India-India-an? Ya udah lah ya, suka-suka gue, pan gue yang nulis!

Gue sama Anjali nyampe duluan di Grand Indonesia. Itu tu, pusat perbelanjaan yang sedotan listriknye sebanding ama satu kabupaten di Papua. Setelah nunggu setengah jam (ini biasa, si Dhuri emang langganan ngaret kalo janjian. Sukur sekarang cuma setengah jam, biasanye doi telat tiga hari), muncul lah penampakan si Dhuri.

Begitu nongol dari pintu masuk, gue liat matanye udah ungu plus bengkak kaya bakso telor. Gue jadi bingung harus ngomong apa. Tanpa banyak basa-basi, kite langsung menuju Blitz Megaplex. Karena temanye melipur hati yang yang lara, terpaksa gue sama Anjali bayarin tiket si Dhuri. Kite nonton Hercules. Pelem yang isinye lelaki kegedean ukuran sama kelebihan otot.

Kira-kira 45 menit film berjalan, adegan mulai dipenuhi drama dan pertempuran berdarah. Sampailah pada saat menjelang pertempuran pamungkas. Hercules, yang dalam film ini dikisahkan sebagai tentara bayaran, memutuskan untuk tinggal dan berperang walaupun misinya sudah selesai. Salah satu sohibnya, yang udah bertahun-tahun malang melintang bersama doi ga setuju. Doi bilang mending kita cabut dan nikmatin duitnya daripada mikirin konsekuensi kerjaan kita.

Tanpa dinyana. Tanpa di duga. Gue denger seseorang tereak.

“IYE! TINGGAL AJE! BERTAUN-TAUN KITA BERSAMA, GA ADA ARTINYA BUAT LO!”

Taunya itu congornya si Dhuri. Pas gue liat, doi udah berlinang aer mata. Muke udah ga karuan bentuknya.

“GA USAH LU PIKIRIN GUE! BIARIN AJA GUE SENDIRI DI SINI! TINGGAL AJE GUEEEEE!!!!! TINGGAAALLLLL!!!!”

Anjrit, kalap gue.

“EMANG DASAR LAKI-LA… hhhmmppppffff!”

Gue bekep tu congor sebelum urusan tambah panjang!

Beberapa orang di barisan depan mulai nengok ke arah barisan gue nyari-nyari siapa yang bikin perkara. Astaghfirullah, ga lagi-lagi gue ngajak nonton orang galau! Sepanjang sisa pelem itu, tangan gue abis kena gigit congornye si Dhuri. Itu dari ingus, jigong, aer mata, bersatu padu semuanya di tangan gue. Abis nonton, langsung gue cuci pake tanah 17 kali.

Tobat gue. Ga lagi-lagi ngajak si Dhuri pas lagi patah hati. Tapi yah, namanye hidup, ada aje hal-hal yang ga diduga datang di saat yang ga diduga, baik itu rejeki atau musibah. Sebagai manusia kita cuma bisa berserah diri ama Yang Kuasa (ini kenape gue jadi tausiyah)

Udah dulu ah.


Jakarta, 13 September 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar